Wednesday 23 May 2012

Pengaruh sudut datang pada gaya dan distribusi aliran Airfoil

Untuk melihat pengaruh aliran luar pada body dan pengaruh sudut datang aliran (angle of attack) mari kita lihat video dibawah ini

pada video diatas  terdapat beberapa gambar simulasi, pertama adalah gambar proses aliran, kecepatan yang terjadi serta distribusi aliran, warna merah adalah tekanan tinggi, sedangkan warna biru adalah tekanan rendah, dapat kita lihat bersama, saat proses airfoil mempunyai sudut keatas sampai dengan 15 derajat. ok perbedaan sudut yang terjadi adalah maksimal 15 derajat ke atas dan ke bawah.
15 derajat ke atas
distribusi tekanan yang terjadi dapat kita amati, aliran yang diterima bagian depan hingga bagian belakang terjadi pada waktu yang sama, karena jarak tempuh yang terjadi berbeda, maka kecepatan yang terjadipun berbeda, pada bagian atas jarak yang harus ditempuh menjadi lebih besar, sehingga kecepatan yang terjadi juga meningkat. akibatnya tekanan yang terjadi rendah (warna biru), sebaliknya pada bagian bawah kecepatan yang terjadi rendah, akibatnya tekanan yang terjadi meningkat (warna merah). tekanan inilah yang menyebabkan gaya angkat ke atas dan dimanfaatkan untuk pesawat.
15 derajat ke bawah
berbanding terbalik dengan sebelumnya, saat airfoil menukik ke bawah, pada bagian atas kecepatannya menurun, hal ini disebabkan jarak yang ditempuh aliran semakin pendek dibandingkan dengan jarak yang harus ditempuh disebalah bawah. akibatnya tekanan disebalah atas menjadi tinggi (merah) dan tekanan disebalah bawah rendah (biru).
Distribusi tekanan, gaya normal
setelah warna kuning pada bar selanjtunya adalah menunjukkan distribusi gaya normal, warna biru menunjukkan gaya yang terjadi akibat tekanan yang tinggi pada bagian bawah.

simulasi diatas bermanfaat untuk mengetahui dasar-dasar aliran eksternal

0 comments:

Post a Comment