Friday 25 May 2012

Menghitung Beban pemanasan untuk water solar heater menggunakan VBA

untuk menghitung beban pemanasan, ada beberapa asumsi yang digunaka, kalau dalam proposal saya kemarin suhu dari air adalah tergantung dengan suhu tanah plus kedalaman tanah, maka dalam software tugas yang saya bikin berikut, suhu tanah dimasukkan oleh user, sehingga user dapat mengganti langsung sesuai dengan data pengukuran ditempatnya berapa suhu air yang masuk kedalam water heater, nilai awal yang saya masukkan adalah 25 C, karena saya asumsikan air yang masuk adalah pagi hari, tentunya bila sudah siang hari air yang masuk ke water heater bisa mencapai 28-30 C.
tampilanya seperti berikut

Rumus

beban pemanasan dapat dihitung dengan rumus sederhana
Q=  Cp * Rho * Vol * Delta T
Cp=  4200
Rho = 1
Vol = ditentukan oleh user
Delta T = air hangat yang diinginkan - air dingin yang masuk ke water heater


Nilai awal

agar software berjalan dengan baik, ada dua langkah tips yang perlu diperhatikan
1. saya masukkan nilai awal saat form tersebut di load/active, hal ini untuk mencegah user memasukkan nilai awal sembarang, teruta untuk nilai cp, rho, suhu masuk dan suhu keluar, sedangkan volume bisa dimasukkan sendiri sesuai kebutuhan. kebutuhan saya sendiri sekitar 20 liter per hari
2. untuk mencegah agar user salah klik, maka saya beri text box beli jumlah air belum dimasukkan

saya masukkan nilai awal pada saat form1 di aktifkan


txtcp.Text = 4200
txtto.Text = 25
txtth.Text = 60
txtrho.Text = 1

CommandButton6.Enabled = False
CommandButton1.Enabled = False

Syntax

program lengkapnya saat tombol di klik adalah seperti berikut

Private Sub CommandButton3_Click()

Dim q, cp, rho, vol, t1, th As Single
   If txtvl.Text = "" Then
       MsgBox "Masukkan berapa liter air yang dibutuhkan?!!"
   Else
   cp = txtcp.Text
   rho = txtrho.Text
   vol = txtvl.Text
   t1 = txtto.Text
   th = txtth.Text
   q = cp * rho * vol * (th - t1)
    lblqhot.Caption = q
   txtl.Text = q
   1End If
CommandButton6.Enabled = True ' hitung radiasi

txtluas.Text = 1
txtfin.Text = 0.7
txtfx.Text = 0.6
txtu.Text = 3
txttamb.Text = 28
txteff.Text = 0.4
End

disini saya juga langsung memberikan nilai awal untuk menghitung radiasi dan faktor, hal ini untuk mengurangi error dan memudahkan user

0 comments:

Post a Comment