Wednesday 9 May 2012

bluff body, stream line, aliran dan perbedaanya

aliran fluida secara garis besar dapat dibagi menjadi dua bagian
1. internal flow, aliran dalam seperti yang terjadi dalam pipa, sungai dsb. prinsipnya adalah aliran yang dekelilingi oleh wall ataupun permukaan fluida itu sendiri.
2. aliran eksternal, misalnnya pada aliran disekeliling mobil yang bergerak, maupun aliran angin disekitar bangunan, dengan karateristik permukaan aliran tidak berada disekeliling.
gambar dibawah ini adalah contoh aliran bluff body, hal yang perlu diperhatikan ketika menganalisa aliran diseputar bluff body, boundary layer separation, boundary layer dan separated region, contoh di bawah berikut adalah untuk aliran turbulent, dengan Re 100 000


contoh aliran pada bluff body setelah melewati rintangan, bentuk aliran sangat tergantung dari viskositas, luasan drag dan kecepatan aliran.

 Apa Contohnya ?
banyak sekali contoh aplikasi dari penerapan bluff body, yang paling sering kita lihat adalah proses pengakatan sayap pesawat, karena perbedaan kecepatan aliran diseputar air foil. contoh lain adalah aliran diseputar mobil.

mari kita lihat video dibawah ini, menunjukkan berbagai jenis aliran dengan bentuk dan posisi bluf body yang berbeda, dikarenakan karena aliran yang digunakan cukup kecang, hasilnya adalah turbulent


hubungan koeffisien drag dan koeffisient friction
secara mudah dapat dilihat pada gambar dibawah ini, bahwa coeffient drag didapatkan dari koeffisient gesek dan perbedaan tekanan yang terjadi.

 apa pengaruhnya antara Cdp dan Cf?

perbedaan tekanan dan friction inilah yang menjadi sebutan sebuah aliran eksternal bluff body atau streamline, aliran streamline sangat dibutuhkan untuk mengurangi besarnya koeffisient drag.
perbedaan tekanan yang terjadi disini adalah tekanan terhadap luasnya.
Bluff Body
bila perbedaan tekanan (Cdp) >>> dari Cf maka aliran eksternal ini disebut bluff body, kenapa? ya karena dengan bentuk bluff body perbedaan tekanan sebelum dan sesudah melewati bluff body sangat besar, sedangkan gesekannya kecil.
Streamline Body
sedangkan bila CF >>> perbedaan tekanan terhadap luasnya, maka liran tersebut adalah streamline, dan otomatis drag coeffisientnya akan kecil, karena luasan yang terkena aliran juga kecil.


0 comments:

Post a Comment