Friday 25 May 2012

Mencari nilai radiasi matahari wilayah Indonesia

ada banyak sekali metode untuk menentukan berapa besarnya nilai radiasi dari matahari di wilayah indonesia, mulai dari pengukuran langsung, numerik, neural network sampai metode experiment. berikut adalah beberapa jurnal referensi yang dapat digunakan untuk menentukan radiasi di Indonesia

1. Halawa dan Sugiyatno dengan jurnal berjudul " Estimation of global solar iradiation in Indonesia climatic region",  humidity, kondisi wilayah seperti ketinggian, posisi linta, bujur, dan hari mempengaruhi nilai radiasi yang dihasilkan. dalm jurnal tersebut menggunakan regresi polinomial untuk mendekati nilai radiasi, yaitu dengan rumus :
Icf c3∗j 3 c2∗j 2 c1∗j c0 , sedankgan masing-masing nilai c3-c0 dihitung dari stasiun pengamatan.
hasilnya adalah


2. Ramli hakim dkk, memberikan model pengaruh dari radiasi matahari, lama waktu sinar matahari dan kondisi cuaca, tingkat awan untuk radiasi dan pengaruhnya terhadap nilai radiasi yang dihasilkan, disini saya ambil data nilai tingkat awan, yaitu berkisar 0.3 sampai dengan 0.8.
data ini penting untuk memperkirakan berapa nilai yang akan digunakan pada solar heater

3. Meita rumbuyan dan teman-temannya di jepang, melakukan penelitan memakai Artifical Neural Network untuk memperkirakan berapa tingkat radiasi matahari di wilayah Indonesia.  dengan memperhitungkan beberapa pengaruh seperti suhu udara, kelembapan, durasi penyinaran matahari, kecepatan angin, ketinggian posisi lintang, bujur hingga bulan

hasilya berupa data tingkat radiasi matahari, walau bila dibandingkan dengan pengukuran langsung tidak 100 %, 90 % valid untuk memperkirakan nilai radiasi yang terjadi di sekitar wilayah kita.

1 comments:

Mas saya buat TA mengenai GIS Solar Cell di Indonesia,saya bingung untuk cari data radiasi matahari di indonesia...mohon referensi link nya ke firmannugraha@gmail.com buat cari data tersebut..
Terima Kasih

Post a Comment