Wednesday 11 April 2012

Aliran laminer diantara dua plat datar

Proses aliran diantara dua plat datar kurang lebih dapat dilihat seperti pada gambar berikut ini
terdapat daerah perkembangan dan daerah yang sudah fully developed.
pada daerah developing, aliran masih belum stabil, nilai dari gaya gesernya akan berubah, sedangkan pada daerah fully developed tegangan geser yang terjadi sudah tetap.


apa saja yang mempengaruhi ? dan bagaimana sifatnya?

nampak jelas pada gambar diatas, pertama jarak antar plat, semakin tinggi jarak antar dua plat tersebut, maka kemungkinan aliran untuk laminer akan semakin besar, walaupun tentunya tergantung dari kecepatan aliran. bila jarak antar dua plat semakin pendek, maka kemungkinan aliran untuk turbulent akan semakin besar.
kedua adalah L, jarak sampai dengan aliran berkembang penuh, bila jarak aliran berkembang penuh semakin panjang kemungkinan besar alirannya adalah laminer, karena kecepatan dan percepatannya kecil, sedangkan bila jarak tersebut pendek, aliran yang terjadi kemungkinan laminer, tapi lihat dulu, apakah percepatannya besar atau kecil, jadi kalau menurut saya panjang L tergantung dari boudary layer dan juga percepatan partikel fluida bergerak, bila percepatan besar kemungkinan turbulent, bila percepatan kecil, kemungkinan laminer.
memahaminya mudah kok, asumsikan saja aliran didalam pipa diberikan percepatan secara besar.

Apa manfaatnya?

dari gambar diatas, manfaat yang dapat diambil banyak sekali, terutama untuk menjalaskan aliran yang terjadi dalam sistem perpipaan, bagaimana pengaruh masing-masing parameter terhadap proses aliran, dan lebih jauh lagi terhadap proses heat transfer yang terjadi.
 
 

0 comments:

Post a Comment