Monday 30 April 2012

Data Radiasi Wilayah Jakarta tahun 2011

data radiasi terbaru berikut sangat cocok untuk proses perhitungan berikutnya, ada tiga data radiasi yang akan saya bandingkan, yaitu
1. hasil pengukuran langsung oleh Ir. Sudjito Ph.D (guru baik saya waktu kuliah S1, salam hormat untuk beliau) namun data yang dapat dikumpulkan adalah dari tahun 1970 sampai dengan 1992, data terbaru saya belum menemukan
2. data hasil simulasi dari Dr. Susandi (ahli meteorology dari ITB), datanya untuk tahun 2010
3. Data paling akhir adalah dari Institute Agricultural technology Tokyo, data untuk tahun 2011, datanya tersedia untuk 12 bulan, seperti pada tampilan gambar dibawah ini

untuk data radiasi lainya, saya masih mentabulasi, berikut hubungan data tersebut dengan keperluan penelitian yang akan dikerjakan.
menanggapi pertanyaan Dr. Indra kemarin, bagaimana membuat model untuk radiasi dan pengaruhnya terhadap dinding kamar yang terpapar langsung dengan sinar matahari, saya baru mendapat beberapa jurnal saja, sehingga rasanya belum pantas untuk ditulis. pada posting selanjutnya saya akan mencoba untuk menulis hubungan dan bentuk modelnya


0 comments:

Post a Comment