Sunday 18 March 2012

Contoh Program menghitung factorial angka menggunakan visual basic

Pada posting sebelumnya, saya mencoba menerjemahkan alogaritma dari buku kedalam bahasa visual basic, namun ternyata dengan logaritma if then else, lumanyan susah untuk menyusun bilangan factorial, alogaritma yang lebih mudah dapat diterjemahkan menggunakan while di visual basic.

Alogaritma

Baca n (input bilangan factorial)
selagi n > 0
Hitung F = F * n
n = n-1
tulis hasil F
selesai

Menerjemahkan Ke Visual Basic
Visual Basic (VB) memeliki GUI yang menarik, dan memudahkan user untuk berinteraksi, untuk menerjemahkan alogaritma tersebut ke dalam visual basic, hal yang perlu dilakukan adalah
1. Mendesain Input dan output
karena hanya terdapat satu input dan satu ouput, saya hanya menggunakan 2 buah textbox di visual basic, 2 buah label untuk memberi keterangan dan satu buah command button untuk mengeksekusi perintah.
2. Memasukkan code
dalam visual basic untuk memasukkan code dapat dilakukan dengan mengklik dua kali (hal ini dapat dilakukan dalam desain mode) lalu masukkan code sesuai dengan alogaritma yang sudah ditulis diatas.


properties dari command button 1 saya caption nya menjadi hitung, sedangkan properti lainya tidak saya rubah, di menu properti ini sebetulnya kita juga dapat merubah warna, nama ukuran, dan lain sebagaianya.


Private Sub CommandButton1_Click() ' perintah akan dilakukan ketika commandbutton 1 di klik
Dim n As Integer ' deklarasi variable dan jenis yang dipakai
Dim F As Long: F = 1 ' deklarasi variabel
n = txtinput.Text ' membaca input angka yang akan difactorialkan
While (n > 0) ' selagi n lebih besar dari nol
F = F * n 'Mengalikan
n = n - 1 'mengurangi
Wend
txthasil.Text = F 'menulis hasil akhir pada txt hasil
end
hasilnya ketika di running adalah sebagai berikut


gambar berikut ketika dimasukkan input yang akan dihitung adalah 10 !

yang perlu diperhatikan dalam visual basic ketika menggunakan while adalah untuk akhirnya menggunakan perintah wend  bukan end.

12 comments:

allow mas hasnan codingnya simple dan menarik sekali. apalagi penggunaan while dan wendnya.

itu jawaban dari kemarin, bila menggunakan if then else, susah nie pemogramannya di VB dan jadi panjang banget, menggunakan while lebih simple dan cepat bukan?

iya betul lebih cepat.. oiya mas, tau ga pengaplikasian faktorial ini bagi dunia nyata itu apa ya? mohon pencerahan guru,, thq

Mas Bro, contoh di atas kan untuk factorial saja. Bagaimana kalo factorial nya merupakan unsur dari suatu deret polinomial.

Bagaimana yah coding nya? Pusing euyy...wkwkwkwk

@almer : pertanyaan yang susah dijawab ini, tapi coba saya jawab sepengetahuan saya, manfaatnya luas sekali, terutama di bidang matematik dan pemodelan system tentunya, misalnya pada pedeagogi, dan polimer science digunakan untuk mengambarkan rantai-rantai karbon dan arah perkembangannya, pada microbiology juga digunakan untuk mensimulasikan perkembangan jumlah bacteri.
@pak dian, kalau factorialnya berupa deret polinomial, kita harus susun dahulu deretnya ke dalam bahasa matematik sederhana, dimana varibel dan konstanta sudah kelihatan, baru nanti kita subtitusikan ke program.
contohnya di posting saya terbaru untuk program simpson dan tapezodial.

Sangat sederhana bahasa pemogramannya. Mas penggunaan awal bahasa While emang di akhiri dengan Wend atau gimana???Wend saya baru tahu tuh mas. bahasa pemograman yang untuk perumpamaan yang sanya ngerti seperti penggunaan If-Else- dan diakhiri dengan end untuk memutup perumpamaan...
Nice Artikel....

Keren neyh..
simple anget coding'a..
hehe..

untuk Wend itu artinya While End bukan mas Hasnan??
Terima Kasih..

betul sekali itu akhiran itu while end

dengan membaca blog mas bro hasnan, ternyata ada banyak jalan menuju roma yaa,hehehe, saya jadi memahaminya, trims mas bro, terus semangat, salam hangat,

mantap mas postingannya, sangat informatif... Terima kasih mas :)

kalo untuk vb 2008 scriptnya gmna ya ? -_-" maaf saya pemula..hehe

@ elscha: sama, kbtulan gw udah nyoba tuh, :)

Post a Comment