Thursday 8 March 2012

Apa pengaruh perbedaan suhu dengan pergerakan angin

mungkin pertanyaan diatas adalah pertanyaan sepele, masih ingatkah waktu SMP diajarkan angin laut dan angin darat? hal itu terjadi karena perbedaan suhu, namun karena pembahasan ini sangatlah mendasar baik dalam studi tingkat lanjut maupaun untuk anak-anak, ada baiknya dijelaskan secara terperinci sebab akibatnya.
Udara Ketika Suhu Panas
Udara terdiri dari molekul yang terus bergerak.saat suhu udara menghangat, molekul mulai bergetar dan berbenturan satu sama lain, memperbesar ruang di sekitar molekul. Karena setiap molekul menggunakan lebih banyak ruang untuk bergerak, udara mengembang dan menjadi kurang padat (lebih ringan). Dengan kata lain, jumlah yang sama molekul udara menempati ruang yang lebih besar atau dengan kata lain ruang berukuran sama dengan tekanan udara meningkat.
Udara Ketika Dingin
Efek sebaliknya terjadi ketika udara mendingin.ketika suhu turun, molekul bergerak lebih lambat, mengambil sedikit ruang. Jumlah ruang udara semakin menyusut, atau tekanan udara semakin menurun.


karena pada bagian suhu yang panas molekul udara mengembang dan membentuk ruang yang lebih besar, hal ini memungkinkan pergerakan molekul udara yang pada suhu dingin bergerak mengisi daerah yang bersuhu panas, karena ruanganya yang lebih besar.


prinsip itulah yang menyebabkan perbedaan suhu menjadikan pergerakan udara, apabila proses tersebut terkontrol dengan baik, bisa dimanfaatkan untuk sirkulasi udara pada rumah, terbangnya balon udara, dan lainya.

0 comments:

Post a Comment